✓Cara Memulai Usaha Dari Nol Tanpa Modal Untuk Pemula Maupun Yang Berpengalaman

Cara memulai usaha dari nol tanpa modal harus dipahami secara komprehensif. Agar bisnis anda dapat terjadi lancar dan sukses, diperlukan perencanaan yang matang.

Perlu kesiapan menghadapi berbagai hal yang tidak terduga. Anda juga mesti mempunyai skill manajerial yang mumpuni. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1). Membuat Rencana
Anda membutuhkan sebuah rancangan usaha sebelum saat menjadikan inspirasi bisnis jadi kenyataan. Sebuah inspirasi yang tidak dilengkapi dengan rencana matang sanggup berujung kegagalan, kendati sudah dilakukan riset sebelumnya.

Perencanaan bisnis (business plan) merupakan sebuah gambaran yang dapat membimbing bisnis Anda berasal dari fase startup hingga berkembang. Pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak memandang apa tipe bisnis Anda.

Ada lebih dari satu tipe rencana bisnis untuk tipe bisnis yang berlainan pula.

Perencanaan bisnis tipe tradisional umumnya benar-benar terperinci dan mempunyai bagian-bagian yang menjelaskan bisnis dengan baik. Tujuannya supaya pihak investor sanggup pertimbangkan untuk menunjang bisnis Anda.

Jika Anda tidak membutuhkan pertolongan keuangan, Anda sanggup membuat rencana bisnis yang lebih sederhana. Namun bagaimanapun wajib ada perencanaan yang matang. Dengan demikian, tujuan bisnis yang dicapai dapat lebih jelas.

2. Buat Rencana Keuangan
Memulai bisnis pemula memang tidak membutuhkan banyak modal. Namun, pasti membutuhkan modal awal dan kemampuan untuk menangani ongkos operasionalnya sebelum Anda mendapatkan keuntungan.

Teman-teman bisa membuat rencana keuangan yang sederhana untuk mengestimasikan biaya-biaya yangdi perlukan anda nantinya.
Contohnya, untuk modal awal Anda membutuhkan ongkos izin usaha, peralatan, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, acara pembukaan, penyewaan wilayah bisnis, dan sebagainya.

Biaya ini ditambah dengan ongkos operasional layaknya ongkos sewa lokasi, ongkos perawatan, marketing dan iklan, ongkos produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Pastikan jangan mencampuradukkan pencatatan keuangan pribadi, keluarga dan untuk usaha. Karena hal tersebut tentu akan menyebabkan Anda semakin bingung dalam memilah-milahnya.

Apalagi, untuk bisnis jangka panjang yang belum menguntungkan. Karena dikhawatirkan Anda akan memakai uang pribadi untuk menalangi kerugian yang akan justru makin membengkak.

3. Belajar Administrasi
Meski bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda pula perlu memahami administrasi. Walaupun pemahaman ini hanya sederhana.

Senantiasa melakukan pencatatan administrasi secara tertib meski nilainya terbilang kecil serta jangan mencampur keuangan milik individu dengan bisnis. Salah satu pondasi utama kelangsungan bisnis yang hendak Anda lakukan agar berhasil adalah administrasi yang baik.

4. Hindarkan Pikiran Soal Kegagalan
Tiap bisnis hanya membawa 2 opsi, berhasil atau kandas. Seorang entrepreneur sejati tidak takut kandas, meski masih jadi pendatang baru.

Bila dari dini sudah tidak yakin bersama bisnis yang dijalani, kedepannya bisnis akan menghadapi kegagalan. Mental entrepreneur kebanyakan kokoh seiring berjalannya waktu serta rintangan yang sudah dialami.

Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara pemikiran berhasil atau kandas saat sebelum mengawali bisnis.

5. Mencatat Berbagai Hal Secara Menyeluruh
Sebuah bisnis hendaknya mempunyai rekaman proses bisnisnya secara menyeluruh atau detil.

Data yang menyeluruh ini akan amat membantu kawan-kawan untuk memantau dan menjadi acuan pertumbuhan usaha, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengasah skill dan rencana baru.

6. Tetap Fokus dan Konsisten
Konsisten mengakibatkan bisnis yang Anda jalani tidak melenceng dari visi misi utama yang Anda buat.

Meski zaman mengalami banyak perubahan dan diperlukan banyak inovasi untuk dapat bertahan, mempertahankan kedisiplinan harus diutamakan.

Anda terhitung harus tahu bahwa mengawali bisnis bukan bermakna Anda akan langsung mendapatkan keuntungan besar. Semua ada prosesnya, tergantung bagaimana Anda menjalankan bisnis yang Anda lakukan.

Inilah mengapa Anda harus fokus pada tujuan awal dan diimbangi bersama dengan giat berinovasi. Lambat laun, Anda pasti akan memperoleh profit yang menjanjikan.


Strategi Mencoba Bisnis Dari Zero to Hero, Bahkan Tanpa Uang.

Usaha tanpa modal bisa di jalankan dengan syarat anda bisa jual produk atau jasa pihak lain. Anda ambil di tempat A anda jual di tempat B.

Anda ambil di Offline anda jual online. Bisa juga anda ambil dari dunia maya kayak di Bukalapak, Tokopedia, Facebook, Instagram, Amazon di jual di dunia nyata seperti di Pasar, mall, ke tetangga, Teman-teman anda, dan lain sebagaianya.

A). Cobalah Sistem Dropship
Bagi Anda yang sama sekali tak memiliki modal, maka dropship bisa menjadi salah satu cara untuk bisa cuan dalam bisnis.

Ya, banyak usaha yang menarik dan prospektif dapat dimulai dengan sistem ini.

Sistem dropship sendiri secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut: Anda mengambil foto dengan izin supplyer. Kemudian, jika ada produk yang diinginkan oleh pembeli, maka Anda tinggal memesan ke supplyer.

Jika pembeli sudah mengirimkan uang pembayaran, maka Anda dapat melakukan pembayaran ke supplyer. Kemudian, saat supplyer mengirim barang, pengirimnya akan diatas namakan Anda sebagai dropshipper.

Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan modal, tak perlu packing, dan keuntungan akan terus mengalir secara bersih dengan sistem menawar-nawarkan saja. Menarik bukan?

B). Macleren
Istilah lain dari Macleren adalah makelaran atau brokeran. Dengan begitu anda tak perlu usaha uang, kalaupun perlu anda hanya perlu sedkit.

Jika anda pemula bisa dengan menjual produk atau jasa yang harganya relatif terjangkau / murah. Barang yang murah tentunya lebih mudah menjualnya.seperti jualan makanan, baju, celana, jaket, raket, bola, vitamin, suplemen, dan lain-lainya.

Jika skill marketing anda sudah mulai meningkat anda bisa menjual barang yang lebih mahal seperti jualan furniture, handphone lalu meningkat lagi ke mobil, tanah, rumah, kos-kosan, apartemen, gedung, hotel, dan seterusnya.

Paling menguntungkan bila teman-teman bisa menjual persuhaan. Karena strata perdagangan paling banyak untungnya adalah menjual perusahaan. Biasanya semakin tinggi produk / jasa, semakin sulit keahlianya jualanya tentunya semakin banyak komisinya bukan.

Hal ini bukanlah hal yang mustahil di lakukan. Karena sudah ada beberapa orang di dunia bahkan di indonesia yang dapat uang triyunan karena keahlian menjual sebuah bisnis / PT / Prusahaan. Sebut saja Hari Tanusoedijo ( Owner MNC Grup ). Ir. Heppy Trenggono M.kom ( Owner Bali Muda Grup ), Sandiaga Solahudin Uno ( Saratoga investama & Recapital ), dan lain sebagainya.

Kawan-kawan Untuk yang tabungannya mepet silahkan pilih trik mana yang anda bisa, Mudah dan segerea lakukan dari sedini mungkin.

Kata para motivator dunia : “Knowing is Nothing, Playing what you know is everything”. “Tahu tidak akan merubah nasib. Tapi PRAKTEk dari apa yang anda tau itulah yang akan merubah Nasib anda menjadi lebih baik”.

Lakukan cara memulai usaha dari nol tanpa modal di atas dengan tepat. Dijamin, bisnis Anda akan tetap bisa berkembang meskipun awalnya tanpa modal. Jalinlah kerjasama dengan banyak relasi dan dapatkan cara sukses bisnis tanpa modal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *